Selasa, 14 April 2015

Makeup Wisuda Sendiri? Siapa takut?!

WISUDA. Kayaknya event ini paling ditunggu-tunggu sama temen-temen mahasiswa setelah bercucuran keringat selama 3,5 tahun (bahkan lebih) menempuh masa perkuliahan yang menguras tenaga, pikiran, dan emosi jiwa. Paling ga orang tua dan keluarga kita pasti deh menantikan moment berharga ini *eaaaaa…

Wisudawan cowo kayaknya ga perlu ribet, karena cuma perlu pake kemeja rapi sama celana bahan aja. Kalo mau yaa bisa ditambahin dasi sama jas. Nah, buat kita ladies, wisuda bisa jadi ribet. Jahit/beli/sewa kebaya, pake sepatu/sandal heels yang nyaman dan cocok sama kebaya, sampe nyari salon buat makeup biar tampil cucok di salah satu hari istimewa kita.

Biasanya sih di salon, karena mereka biasa makeup in penganten, hasilnya tu agak medok dan bisa retak-retak gitu bedaknya (emang beling, retak). Kalo aku personally kurang suka makeup di salon. Susah cari salon yang makeup nya ga medok tapi hemat di kantong juga *mahasiswa banget* hahaha.
Jadi kali ini aku mau sharing apa aja yang bakal kamu butuhin kalo kamu mau makeup sendiri buat wisuda. Siapa tau bisa jadi referensi kalo kalo ga ketemu salon atau makeup artist yang pas di hati, hihi

Inti dari makeup itu sendiri ya secocoknya kita, dan makeup itu bukan berarti mengubah bentuk atau tampilan kita menjadi cantik. NONONONO! Makeup itu fungsinya buat memancarkan kecantikan yang udah dimiliki setiap wanita *yuhuuuu*. Jadi makeup itu mempertegas kelebihan yang udah ada di wajah kita, dan menutupi kekurangannya.  Jadi, ini dia hal2 yang harus kamu persiapkan kalo kamu mau makeup sendiri dan sedikit tips tentang hal-hal tersebut.

1.       Toner dan pelembab wajah.




Kedua hal basic ini penting banget. Pilih toner sama pelembab wajah yang cocok buat jenis kulit kamu. Sebelum menggunakan toner, jangan lupa wajah kita harus dalam keadaan bersih ya. Perhatiin juga cara pake tonernya. Kalo aku sih lebih suka pake toner dengan cara disemprotin gitu ke wajah, terus ditepuk-tepukin pake telapak tangan perlahan di wajah kita. Kalo pake kapas, khawatir kapasnya nempel di wajah kita dan masuk ke pori-pori. 
Setelah beres pake toner, selanjutnya kita pake pelembab. Untuk kulit berminyak kayak aku, biasanya lebih 
direkomendasiin pake pelembab yang bahan dasarnya air atau berupa gel. Karena kedua bahan ini teksturnya ringan dan mudah terserap ke kulit wajah kita. Cara pakenya, letakkan di 5 titik di wajah (dahi, kedua pipi, hidung, dan dagu), kemudian ditepuk-tepukin lagi ke wajah kita, sama seperti menggunakan toner tadi. Buat yang kulitnya kering sih biasanya pake pelembab yang berbahan dasar oil, dan pilih yang bebas pewarna, pewangi, dan alkohol. Cara pakenya letakkan di 5 titik di wajah, terus dipijat ke arah atas sampe si pelembab ini rata dan meresap ke kulit. Aku pake toner clean n clear Oil Control yang warnanya biru, aku masukin ke botol semprot, terus simpen di dalem kulkas, biar adem hehe. Kalo pelembab aku pake POND’s flawless white Dewy Rose Gel Whitening Soft Gel. (sumber gambar Clean&Clear: www.cleanandclear.com)

2.       Face Primer
Perfecting Face Primer dari Oriflame

Face primer ini fungsinya untuk meratakan tone kulit dan supaya makeup kamu lebih nempel dan tahan lama. Cara pakenya letakkan di 5 titik di wajah, terus diratain ke arah luar. Aku pake Perfecting Face Primer dari Oriflame, tapi sayangnya sekarang udah ga diproduksi lagi. Ntar kalo udah abis, aku mau beli Corrective Base nya MAKEOVER aja deh hihi..

3.       Foundation
Liquid Foundation Giordani Gold, Perfect Creamy Coundation MAKEOVER, Beautiful Nutrient Nourishing Compact Makeup SPF 12 Ultima II

Nah kalo yang satu ini sering denger kan ya? Namanya aja foundation yang artinya pondasi. Jadi si foundation ini merupakan kunci utama makeup kita. Foundation yang aku tau ada 2 jenis, cair dan padat. Sebenernya ga padat juga sih, teksturnya tu kayak lebih creamy gitu dan kemasannya biasanya mirip compact powder. Liquid foundation biasanya teksturnya lebih ringan dan kurang mencover. Cocok buat dipake sehari-hari. Untuk makeup yang lebih tahan lama, aku sih sukanya pake foundation yang padat. Cara pake foundation (cair atau pun padat) langsung aja diaplikasiin dan diratain. Beda dengan cara pemakaian primer dan pelembab, JANGAN mengoleskan foundation di 5 titik wajah terlebih dahulu. Yang bener ya langsung diaplikasiin dan diratain, karena foundation sifatnya cepat mengering, ga mau kan nanti hasilnya foundation kamu numpuk blangbontang sana sini, hihi. Kalo liquid foundation aku suka pake Giordani Gold Invisible Touch Foundation dari Oriflame. Kalo buat makeup yang lebih tahan lama, aku biasa pake Beautiful Nutrient Nourishing Compact Makeup SPF 12 dari Ultima II atau Perfect Cover Creamy Foundation dari MAKEOVER.

4.       Concealer
Camouflage Cream Face Concealer dari MAKEOVER.

Sebenernya concealer ini optional. Kalo daerah sekitar mata kamu ga item dan kamu ga punya jerawat atau bekas jerawat yang mesti ditutupin, ya gausah pake concealer juga gapapa. Tapi biasanya aku pake concealer buat menghighlight wajah aku seperti nose bridge, dahi, kantung mata, cupids bow, dan dagu. Concealer yang biasa aku pake yaitu Camouflage Cream Face Concealer dari MAKEOVER.

5.       Eyebrow kit

Dulunya aku pikir alis itu ga begitu penting. Tapi ternyata it is such a big deal! Bentuk bisa mempengaruhi karakter wajah kita karena dia kayak memberi frame gitu di wajah kita. Eyebrow kit ada banyak macemnya. Bisa cream, bubuk, pensil, crayon, atau semacam mascara gitu. Tapi aku sih biasanya pake eyeliner buat ngebentuk pinggiran alis aku, terus aku pakein eyeshadow warna senada deh buat ngisi tengah-tengahnya.

6.       Eye primer

Eye Base Gel dari Viva Queen (sumber: www.vivacosmetics.com)

Eye primer, fungsinya sama kayak face primer tapi eye primer diaplikasiin di daerah kelopak mata supaya nanti eyeshadow kita lebih nempel dan untuk menyamakan tone kulit di kelopak mata kita. Aku belum punya nih eyeprimer soalnya aku susah cari eyeprimer yang bersahabat sama dompetku hihihi. Tapi katanya ada kok eye primer buatan dalam negeri. Namanya Eye Base Gel dari Viva Cosmetics dan harganya sekitar 11ribuan. Segera masuk wish list. hihih

7.       Eyeshadow
 
Trivia EyeShadow dari MAKEOVER
(ki-ka: Serendipity, Golden Espress, Indian Summer)


Siapa yang ga tau eyeshadow. Minimal pasti pernah denger. Buat wisuda, pilih eyeshadow yang match sama penampilan kamu. Ga harus selalu sama kok warnanya dengan kebaya atau hijabmu. Yang penting nyambung aja. Pilih eyeshadow warna-warna cerah biar terkesan ringan, untuk kesan lebih glamor aku saranin pake eyeshadow yang ada shimmer nya. Eyeshadow warna gold biasanya lebih gampang disesuaikan dengan kebaya. Eyeshadow yang aku punya salah satunya Trivia Eyeshadow dari MAKEOVER.

8.       Eyeliner, Penjepit bulu mata, dan Mascara

Eyeliner penting buat ngebingkai matamu biar terkesan lebih ‘hidup’. Yang aku tau ada beberapa macem eyeliner yaitu liquid eyeliner, gel eyeliner, eyeliner pencil, sama eyeliner crayon. Aku lebih suka pake eyeliner yang gel karena pengaplikasiannya lebih mudah walaupun aku punya eyeliner yang pencil, pengapilkasiannya aku pake kuas eyeliner biar lebih detail. Eyeliner yang aku punya yaitu eyeliner pencil dari MAKEOVER, eyeliner crayon ColorShow dari Maybelline, sama gel eyeliner dari Silky Girl. 

Mascara (Super Curl Cat Eye Maybelline, The Falsies Volume Express Maybelline) dan  Eyeliner(ColorShow Maybelline, Eyeliner Pencil Black Jack MAKEOVER, Gel Eyeliner Silky Girl)

Selanjutnya setelah menggunakan eyeliner, saatnya melentikan bulu mata. *tuing tuing tuing* *sambil kedip-kedip mata*. Jangan kebalik ya urutan makenya. Yang bener itu bulu matanya dijepit dulu, tahan sekitar 10-15 detik, lalu aplikasikan mascara. Pengaplikasian mascara juga harus diperhatikan. Bulu mata yang di bagian sudut dalam aplikasikan ke bagain sudut dalam, bagian tengah aplikasikan ke depan, dan bagian sudut luar aplikasiin ke bagian sudut luar. Oh iya biar bulu mata keliatan lebih panjang aplikasiin juga di ujung2 bulu mata. Kalo mau lebih dramatis boleh juga pake false lashes alias bulu mata palsu. Kalo aku lebih suka pake yang natural aja, kalo terlalu tebel, takut mataku ketutup trus ngantuk hahaha, maklum mata orang Asia Timur (matanya doang) hahahahaa. Mascara favorit aku mascara Maybelline. Murah meriah. Cuma emang susah gitu dibersihinnya karena nempel banget. Wish list aku bulan depan pengen beli mascara L’oreal yang Double Extension kayak yang suka dipake para beauty blogger gitu. Semoga kebeli Ya Allah tolong Baim.

9.   Loose Powder
Innisfree Loose Powder


Loose Powder alias bedak tabur. Bedak tabur fungsinya buat ngeset makeup kita. Aku lebih suka mengaplikasikannya pake puff yang bener-bener puffy *halah apa sih* Loose powder yang aku punya yaitu Loose Powder dari Innisfree No-sebum Mineral Powder. Bedak ini ga berwarna dan ga pake fragrance dan yang penting bisa mengontrol produksi bimoli di mukaku. Cara pengaplikasiannya, ambil produk lalu tepuk2 di daerah yang memproduksi minyak berlebih seperti T-zone, kemudian untuk daerah lainnya gunain produk yang kesisa di puff aja, gausah diambil lagi produknya. Bisa juga diaplikasikan pengunakan brush  buat loose powder.


10.   Contour Kit

Face Contour Kit MAKEOVER

Fungsinya contour kit ini buat membuat ilusi wajah kita, mempertegas kontur wajah, misalnya membuat pipi terlihat lebih tirus, rahang terlihat lebih sempit, dan hidung terlihat lebih mancung ke depan bukan ke dalam. Contour Kit biasanya terdiri dari lowlighter (warna lebih gelap dibanding tone kulit kita) sama highlighter (warna lebih terang dibanding tone kulit kita). Bagian yang ingin dibuat lebih dalam (seperti bawah tulang pipi, garis rahang, sisi kiri dan kanan hidung) bisa menggunakan lowlighter. Untuk menonjolkan bagian-bagian wajah seperti tulang pipi, tulang alis, dagu, dan nosebridge bisa pake highlighternya. Contour Kit yang aku gunakan saat ini yaitu Face Contour Kit dari MAKEOVER. Kalo kalian ga punya contour kit bisa disiasati menggunakan eyeshadow warna dark beige buat lowlighternya dan eyeshadow warna putih tulang untuk highlighternya.

11.   Blush on
Blush on Maybelline dan Revlon 

Blush on fungsinya supaya wajah kita terlihat lebih berseri-seri kayak orang yang lagi jatuh cinta eaaaa. Blush on diaplikasikan di bagian apple of cheek (kalo kamu senyum, bagian di tulang pipi yang menonjol, nah itulah apple of cheek kamu), menggukan brush dengan gerakan memutar dan maju-mundur.  Blush on jenisnya ada 3 macem. Blush on yang padat, tabur, dan blush on yang creamy. Yang creamy juga ada 2, ada yang teksturnya seperti lipstick, ada juga yang seperti lipgloss. Bedanya di waktu pengaplikasiannya. Kalo blush on yang padat dan tabur diaplikasiin setelah pake loose powder, kalo yang creamy, diaplikasiinnya sebelum loose powder. Pilih warna blush on yang match sama lipstick yang bakal kamu pake. Misalnya kamu pake lipstick warna pink, pilih blush on yang warnanya pink juga, jangan pake yang warna merah atau warna peach karena nanti hasilnya makeup kamu akan terlihat ‘maksa’.  Aku punya blush on dari Maybelline dan dari Revlon dan ternyata duaduanya warnanya peach gitu hahaha L, jadi kalo aku pake lipstick pink aku menyiasatinya dengan juga mengaplikasikan lipstick tersebut di apple of cheek aku sebagai pengganti blush on, tapi sedikit aja, terus ditepuk2 menggunakan jari tengah dan dibaurkan ke arah atas.

12.   Lip Decorative
Lip Decorative

Lip Decorative terdiri dari lip liner dan lip coloring. Keduanya sama-sama buat dipake di bibir. Lip liner fungsinya adalah untuk membingkai dan membentuk bibir (menjadi lebih tipis atau sebaliknya menjadi lebih penuh), kalo Lip coloring yaa untuk mewarnai bagian dalam dari bingkai yang udah kita buat tadi. Lip liner juga bisa berfungsi untuk membuat lip color kita berwarna lebih gelap atau lebih cerah tergantung warna yang kita pilih. Semisal kamu pake lipcoloring warna pink, supaya terlihat lebih gelap, kamu bisa pake lip liner warna ungu atau supaya terlihat lebih cerah, kamu bisa pake lipliner berwarna nude atau pink muda. Lip liner biasanya berbentuk pencil atau crayon. Kalo lip coloring bisa berbentuk lipstick, lip cream, dan lip gloss. Tekstur Lip Coloring juga ada bermacam-macam. Ada yang sedikit berminyak dan ada juga yang matte (ga berminyak). Kalo mau tahan lama sih aku saranin pake yang matte karena bakal nempel banget di bibir dan membuat bibir kita terlihat dan terkesan lembut seperti beludru  hihi. Tapi buat kamu yang bibirnya gampang kering, sebelum pake lip color yang matte aku saranin pake lip balm terlebih dahulu biar bibir kamu ga pecah-pecah. Oiya setelah pake lipstick bisa ditambahin pake lip gloss kalo kamu pengen bibir kamu terlihat segar dan basah tapi jangan kebanyakan kalo ga mau dibilan g kayak abis makan bakwan 5 biji wkwkwk.  Lip coloring yang aku punya ada dari beberapa brand antara lain NYX, Revlon, Wardah, dan lip gloss dari silky girl. Lip coloring favorit aku adalah Lip Cream dari NYX yang udah aku review di postingan sebelumnya (liat di sini). Kalo lipliner aku punya dari MAKEOVER yang warnanya Reddish Junk.

Oke, kayaknya sekian dulu sharing dan sedikit tips dari aku. Semoga bermanfaat dan aku saranin sih sering-sering googling aja. Banyak kok beauty blogger yang sering berbagi tips dan mereview peralatan-peralatan makeup seperti yang udah aku sebutin di atas. Selamat mencoba dan selamat berburu peralatan makeup yaa. Let me know if you have questions or you want me to revise my post, send me a message to ameliamutiarafikra@gmail.com or leave a comment below. Kalo aku tahu insha Allah aku bales kok, kalo aku gatau aku bakal cari tau hihi dan follow akun instagram aku ya @meliafikra. GOOD LUCK and HAVE A NICE DAY. No smoking and don’t forget to drink a glass of milk
Ini hasil makeup-an aku yang kelamaan nunggu wisuda. Iseng hihi (kiri: before, tengah & kanan: after makeover)



7 komentar:

  1. cantik kak :)
    Keren deh makeup sendiri untuk Wisudanya

    diahcerita.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ada yg lupa nih ..
    untuk shading hidungnya gak dicantumin .. hehe

    BalasHapus
  3. wew, cool.. smoga bisa berkembang bakatnya say.

    Salam, Adelia Make Up Wisuda Panggilan

    BalasHapus
  4. Mak Mak rempong M wisuda.... membantu bangetttt..😂😘

    BalasHapus
  5. Wow very inspiring, check our makeup portpolio

    BalasHapus